Ratna Sarumpaet Akui Berbohong, Rachel Maryam Minta Maaf Usai Panen Hujatan

SURATKABAR.ID – Setelah pengakuan Ratna Sarumpaet atas kebohongannya soal hoax penganiayaan yang menimpa dirinya, Rachel Maryam harus panen hujatan. Pasalnya, Ratna Sarumpaet yang merupakan ibunda dari artis Atiqah Hasiholan itu sudah mengakui kebohongannya dan dirinya tidak pernah dianiaya. Luka lebam di wajahnya itu tak lain karena telah melakukan operasi sedot lemak di sebuah rumah sakit khusus bedah di Jakarta—bukan karena dipukuli dan dikeroyok seperti yang ramai dikabarkan.
(function ($) {
var bsaProContainer = $(‘.bsaProContainer-29’);
var number_show_ads = “0”;
var number_hide_ads = “0”;
if ( number_show_ads > 0 ) {
setTimeout(function () { bsaProContainer.fadeIn(); }, number_show_ads * 1000);
}
if ( number_hide_ads > 0 ) {
setTimeout(function () { bsaProContainer.fadeOut(); }, number_hide_ads * 1000);
}
})(jQuery);

Otomatis, pengakuan menggegerkan Ratna Sarumpaet ini langsung jadi perbincangan netizen. Tak hanya mengecam Ratna Sarumpaet, warganet juga meluapkan kekesalan ke orang-orang yang dianggap telah ikut menyebarkan kabar bohong tersebut. Salah satunya adalah Rachel Maryam.
Seperti ditukil dari laporan Tempo.co, Rabu (03/10/2018), Rachel yang dikenal sebagai artis dan juga politikus Gerindra ini sempat membenarkan kabar pengeroyokan yang dialami Ratna Sarumpaet. Melalui kicauan di akun Twitter resminya, Rachel mengungkapkan kondisi Ratna Sarumpaet yang masih mengalami trauma akibat insiden pengeroyokan tersebut.
“Setelah dikonfirmasi, kejadian penganiayaan benar terjadi. Hanya saja waktu penganiayaan bukan semalam melainkan tanggal 21 kemarin,” tulis Rachel Maryam dalam akun @cumarachel, Selasa (02/10/2018).
“Berita tidak keluar karena permintaan bunda @RatnaSpaet pribadi, beliau ketakutan dan trauma. Mohon doa,” lanjut Rachel Maryam.
Baca juga: Farhat Abbas Polisikan Prabowo-Sandiaga, Sandiaga Akan Laporkan Ratna
 
Rachel Maryam juga mengecam tindakan pengeroyokan yang dialami Ratna Sarumpaet. Dia mengatakan para pelaku tak punya hati.
Sehingga sebagai akibatnya, usai pengakuan Ratna Sarumpaet bahwa dirinya berbohong, Rachel Maryam pun terseret menjadi bulan-bulanan warganet. Unggahan terakhir di akun Instagramnya kini dipenuhi caci maki netizen. Netizen juga meminta agar Rachel Maryam ikut menyampaikan permohonan maaf kepada publik.

(function ($) {
var bsaProContainer = $(‘.bsaProContainer-7’);
var number_show_ads = “0”;
var number_hide_ads = “0”;
if ( number_show_ads > 0 ) {
setTimeout(function () { bsaProContainer.fadeIn(); }, number_show_ads * 1000);
}
if ( number_hide_ads > 0 ) {
setTimeout(function () { bsaProContainer.fadeOut(); }, number_hide_ads * 1000);
}
})(jQuery);

View this post on Instagram

Bangga menjadi bangsa Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan yang unik dan luar biasa! Salah satunya adalah batik yang begitu banyak ragam dan filosofinya dari sabang sampai merauke. Selamat hari batik nasional Indonesia! ❤️
A post shared by Rachel Maryam (@rachelmaryams) on Oct 1, 2018 at 7:40pm PDT

“Mbak @rachelmaryams bisa dijelaskan tdk gmn kronologi hoax tsb? Besok mw ngehoax ap lagi? Emang gk tkut dosa ya?” tulis seorang netizen.
“Wahai anda anggota dewan yang paling terhormat…segera minta maaf karena kalian telah menyebarkan berita sampah alias [email protected],” komentar warganet lain.

Di unggahannya itu, Rachel memposting foto diri lengkap dengan tulisan Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018.
Ia juga melengkapi unggahannya dengan tulisan Rachel Maryam Caleg DPR RI Dapil Kab. Bandung, Bandung Barat.
“Bangga menjadi bangsa Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan yang unik dan luar biasa! Salah satunya adalah batik yang begitu banyak ragam dan filosofinya dari sabang sampai merauke. Selamat hari batik nasional Indonesia!,” tulis Rachel Maryam.

Sementara itu, mengutip laporan Detik.com, Rachel Maryam akhirnya minta maaf karena ikut menyebarkan hoax tersebut.
“Saya secara pribadi menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya pada netizen,“ ungkap Rachel lewat akun Twitter-nya, @cumarachel, pada Rabu (03/10/2018).
Rachel memang sempat mengunggah foto wajah Ratna Sarumpaet yang lebam lewat Twitter. Saat itu, Rachel mengaku tak sadar bahwa Ratna Sarumpaet berbohong.
“Saya terlalu reaktif dan emosional mendengar pengakuan penganiayaan yang menimpa Bu Ratna. Mungkin karena sesama perempuan. Sama sekali saya tidak menyangka kalau semua ini adalah kebohongan,” sambungnya.

Saya secara pribadi menyatakan permohonan maaf yg sebesar-besarnya pd netizen. Saya terlalu reaktif&emosional mendengar pengakuan penganiayaan yg menimpa Bu Ratna. Mungkin karena sesama perempuan. Sama sekali saya tidak menyangka kalau semua ini adalah kebohongan.
— rachel maryam (@cumarachel) October 3, 2018

Sebelumnya diberitakan, Ratna mengakui berbohong soal cerita penganiayaan. Faktanya, Ratna ke dokter bedah plastik untuk menjalani sedot lemak pada Jumat (21/09/2018).
Setelah jalani sedot lemak, wajah Ratna lebam-lebam. Dia lalu berbohong kepada keluarganya soal alasan lebam. Kebohongan tersebut lalu berkembang hingga didengar masyarakat luas.